Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

//Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda
By | 2019-02-26T09:28:22+00:00 Februari 26th, 2019|BLOG|0 Comments
Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan Muda

Melangsungkan pernikahan membutuhkan biaya yang cukup besar. Biaya tersebut tidak berhenti sampai di situ saja. Setelah menikah, pengantin tentunya melanjutkan kehidupan baru sebagai pasangan suami istri. Berbagai tantangan mungkin akan dihadapi pasangan baru, khususnya yang berkaitan dengan keuangan. Tidak bisa dimungkiri bahwa mengatur keuangan adalah salah satu tantangan hidup terbesar, terlebih untuk kamu pasangan yang baru menikah atau berkeluarga.

Buat pasangan muda, mengatur keuangan setelah menikah itu bukan hal yang mudah. Berikut ini tips yang dapat kamu ikuti agar dalam mengelola anggaran keluarga.

  1. Buat rencana pengeluaran dan belanja

Jumlah pengeluaranmu dan pasangan tentu berbeda setiap bulannya. Karena itu sebaiknya kamu dan pasangan bisa menentukan besarnya nominal pengeluaran harian hingga bulanan. Masukkan semua kebutuhan mulai dari uang makan pribadi, belanja kebutuhan untuk di rumah, pakaian, tagihan listrik, internet, serta semua pengeluaran rutin lainnya.

 

Menghitung segala pengeluaran rutin berguna untuk memonitor berapa besaran pengeluaran setiap bulannya. Hitungan ini juga nantinya dapat dimanfaatkan untuk melihat apakah ada pengeluaran yang sebetulnya bisa dipotong untuk menekan pengeluaran. Kelebihan lainnya adalah agar kamu bisa melakukan penyesuaian antara pemasukan dengan pengeluaran.

 

  1. Sisihkan minimal 10% untuk tabungan

Pasangan suami istri harus memiliki tujuan bersama yang jelas. Tujuan ini pun bisa dicapai jika kondisi keuangan keluarga tetap sehat. Salah satu caranya ialah dengan menyisihkan pendapatan untuk tabungan. Metode ini bertujuan untuk mewujudkan keinginan-keinginan yang kamu dan pasangan ingin capai di masa mendatang.

 

  1. Mulai berasuransi

Dengan memiliki asuransi Anda tidak perlu membiayai setiap peristiwa atau kejadian yang tidak bisa ditebak. Misalnya, sakit atau kecelakaan. Dengan berasuransi, kamu bisa menghindari risiko sewaktu-waktu yang dapat mengganggu pengeluaran keuangan keluargamu.

 

HappyOne, produk perlindungan diri dari Asuransi Astra dapat menjadi solusinya. Proses pembelian dan pengajuan klaimnya sangat mudah. Cukup dengan OneID, kamu bisa mendapatkan seluruh perlindungan hingga cek riwayat seluruh polis yang kamu miliki dengan lebih mudah melalui situs happyone.id. Kamu dapat menyesuaikan kebutuhan perlindungan dengan empat produk yang dimiliki, seperti asuransi kecelakaan diri yaitu HappyMe, perlindungan pendidikan untuk anak atau asuransi santunan pendidikan dari HappyEdu. Kemudian, asuransi kebakaran rumah dari HappyHome. Kamu dan pasangan juga bisa terlindungi dari risiko perjalanan dengan menggunakan asuransi perjalanan HappyTrip. Dengan premi yang terjangkau, #BeTheHappyOne dan raihlah keuntungan melalui HappyOne dari Asuransi Astra.