4 Langkah Hilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

//4 Langkah Hilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan
By | 2017-09-05T04:49:23+00:00 February 7th, 2017|Knowledge-base|0 Comments
Hilangkan embun di kaca mobil

Hilangkan embun di kaca mobil

Pemilik mobil mungkin pernah mengalami adanya embun di kaca ketika berkendara. Paling sering kaca berembun saat hujan atau pun dingin, namun pendingin udara (AC) mobil tak dinyalakan.

Munculnya embun disebabkan oleh perbedaan suhu dan kelembaban di luar dan di dalam kabin mobil. Meskipun tidak berpengaruh pada kaca film, sebaiknya pemilik mobil jangan membiarkan embun menempel di kaca terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya kerak air di permukaan kaca. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui trik dalam mengatasi masalah tersebut tanpa mengeluarkan biaya banyak.

Berikut ini ada empat cara menghilangkan embun :

1. Gunakan Shampo Rambut

Formula yang terdapat pada shampoo rambut dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembaban di sekitar kaca terjaga. Caranya cukup oleskan sedikit cairan di kaca mobil bagian dalam, tetapi jangan dicampur air. Kemudian lap kaca dengan lap kanebo yang sedikit lembab (jangan bercampur air). Lakukan dengan gerakan searah agar kaca tidak buram. Jika hujan telah reda dan cuaca kembali cerah segera bersihkan kaca mobil dari shampo hingga bersih.

2. Pakai Cairan Anti Kabut

Buat Anda yang ingin cara lebih praktis, bisa membeli produk cairan anti kabut atau defogger di took perlengkapan mobil. Cukup semprotkan ke kaca bagian dalam secara merata. Kemudian diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah.

3. Gunakan Tembakau Rokok

Ternyata tembakau bisa dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya embun di kaca mobil karena kandungan nikotin pada tembakau dipercaya dapat menyerap uap air. Oleskna tembakau pada kaca bagian luar dengan halus agar tidka menggores permukaan kaca mobil.

4. Pencegahan

Kaca berembun akan terjadi pada mobil jenis apa saja, baik yang murah maupun mahal. Agar kaca tidak berembun kembali, berikut cara pencegahannya :

  • Parkirkan mobil di tempat yang terlindungi terik sinar matahari langsung.
  • Buka kaca selama beberapa menit setelah mobil anda diparkir di tempat terik dan sebelumnya menyalakan mesin.
  • Hindari menggunakan lap basah untuk membersihkan interior mobil, gunakan vacuum cleaner.
  • Jangan lupa untuk menjemur karpet mobil agar tidak lembab.

Dengan langkah-langkah di atas semoga Anda dapat mencegah dan meminimalisir timbulnya uap embun pada kaca mobil sehingga jarak pandangan ketika berkendara saat hujan tidak terganggu. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Diolah dari berbagai sumber.