6 Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

//6 Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil
By | 2017-09-05T04:49:27+00:00 January 24th, 2017|Knowledge-base|0 Comments
Perencanaan Keuangan Untuk Kredit Mobil

Perencanaan Keuangan Untuk Kredit Mobil

Sebagian orang memutuskan untuk memiliki mobil pribadi karena akses transportasi kendaraan umum di daerah tempat tinggalnya tidak mudah. Akan tetapi harga mobil yang tidak murah sering kali menjadi salah satu kendala Anda memiliki mobil impian.

Kredit mobil pun menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki mobil tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak sekaligus. Banyak hal yang perlu Anda pikirkan sebelum mengajukan kredit mobil.

Berikut hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajukan kredit mobil :

  1. Alasan Anda MembeliHal paling pertama yang harus menjadi pertimbangan Anda sebelum mengajukan kredit mobil adalah alasan kenapa Anda membeli atau  mengkredit mobil. Jangan hanya karena gengsi maka Anda memutuskan untuk memiliki mobil.

Pertimbangkanlah dengan matang untuk apa Anda membeli atau mengajukan kredit mobil. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya untuk membantu Anda dalam pekerjaan dan keperluan lainnya, misalnya Anda membeli mobil karena jarak antara kantor dan rumah lebih efektif jika ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi.

  1. Kalkulasi Ulang Kondisi Finansial Anda

Sebelum mengajukan kredit, memeriksa kondisi keuangan Anda terlebih dahulu juga menjadi hal yang sangat penting. Buatlah simulasi pengeluaran dengan mempertimbangkan pengeluaran rutin ditambah dengan cicilan bulanan kredit mobil serta biaya bahan bakar dan servis kendaraan yang harus Anda keluarkan. Makin pendek tenor anda ambil, makin bagus, namun nilai angsurannya menjadi besar. Bila Anda berniat untuk mengajukan kredit mobil jangka panjang, maka buatlah perencanaan keuangan jangka panjang untuk mengantisipasi keadaan tidak terduga, misalnya saja sakit, kecelakaan, atau kelahiran anak bagi Anda yang sudah berumah tangga.

  1. Sesuaikan Jenis Mobil dengan Kebutuhan

Yang tidak kalah pentingnya yaitu pastikan dulu mobil apa yang ingin Anda beli, sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keuangan Anda. Tentukan apakah mobil baru atau mobil bekas, mobil jenis MPV atau city car. Jangan memaksakan diri Anda untuk membeli mobil diluar kemampuan Anda, terlebih hanya karena gengsi.

  1. Lembaga Pembiayaan

Ada dua lembaga yang bisa menjadi pilihan anda dalam mengajukan kredit, yakni bank atau leasing (Pembiayaan Kredit). Masing-masaing lembaga ini memiliki kelebihan dan kelemahan serta persyaratan dan ketentuannya masing-masing. Jika Anda memilih mengajukan kredit di Bank, biasanya mereka memberikan bunga yang lebih rendah, namun dengan persyaratan yang lebih rumit. Sementara jika mengajukan kredit mobil melalui leasing, mereka memberikan bunga yang lebih tinggi namun prosedurnya tidak serumit bank.

  1. Pahami Prosedur dan Persyaratannya

Jadilah konsumen yang cerdas dengan cara mempersiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit. Biasanya, persyaratan kredit mobil ini antara lain KTP, slip gaji, dan rekening tabungan. Beberapa lembaga peminjaman juga meminta persyaratan dokumen lain seperti rekening telepon atau listrik, serta PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

  1. Kenali Program Asuransi

Jika anda mengambil kredit mobil, maka ikut asuransi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk melindungi kendaraan anda. Anda tinggal pilih mau ikut Total Loss Only atau TLO yang hanya menanggung kehilangan mobil dan kerusakan mobil lebih dari 70% atau All Risk yang menaggung kerusakan yang dikarenakan berbagai macam musibah hingga kehilangan.

Pastikan pertimbangan diatas sudah anda diskusikan dengan baik bersama keluarga sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan secara kredit supaya angsuran anda bisa lancar dan tidak membebani keuangan keluarga.

Sumber : bisnis.news.viva.co.id