Perilaku Berkendara Sehat

//Perilaku Berkendara Sehat
By | 2017-09-05T04:49:51+00:00 October 21st, 2016|Knowledge-base|0 Comments
Posisi duduk yang benar

Posisi duduk yang benar

Sebagian orang menggunakan kendaraan bermotor untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Mulai dari rutinitas ke kantor, kampus, ke pusat perbelanjaan, hingga digunakan untuk keperluan liburan keluarga. Selain berkendara dengan aman, kesehatan pun menjadi faktor yang penting dan perlu diperhatikan seiring dengan adanya perubahan iklim. Berikut tips sehat dan aman saat berkendara:

  1. Posisi duduk yang benar

Duduk dengan posisi tegak dan bersandar pada tempat duduk. Carilah posisi yang paling nyaman dengan mengatur posisi tempat duduk ke depan atau ke belakang. Pastikan anda dapat menginjak pedal dengan mudah. Atur juga sandaran tempat duduk sehingga setir dapat diperasikan dengan mudah.

  1. Perhatikan kondisi filter kabin

Selain menghasilkan udara yang sejuk, pendingin udara (air conditioner / AC) juga harus menghasilkan udara yang sehat. Kualitas udara dari AC dipengaruhi oleh kondisi filter kabin. Bagian ini masih sangat jarang untuk diperhatikan saat berkendara. Jika filter sudah kotor, maka kemampuannya untuk menyaring udara kotor akan berkurang. Dianjurkan untuk mengecek kondisi filter kabin tiga bulan sekali.

  1. Asupan Makanan & Minuman

Dengan asupan makanan dan minuma yang cukup maka Anda bisa menjadi lebih fokus pada saat berkendara. Terlebih jika melakukan perjalanan jauh. Penggunaan AC dapat menyebabkan dehidrasi sehingga harus diimbangi dengan mengonsumsi air secara teratur yaitu sekitar 150-250 ml per jam.

  1. Pastikan kondisi fisik prima

Kondisi pengendara sangat penting untuk diperhatikan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Pastikan Anda sedang bugar dan cukup tidur sebelum mulai berkendara. Tak hanya kondisi fisik pengendara saja, kondisi fisik mobil juga perlu diperhatikan. Jangan sampai lupa melakukan servis perawatan rutin kendaraan. Buat yang suka lupa jadwal servis, bisa gunakan Garda Mobile Otocare yaitu fitur service. Anda bisa menyimpan data servis kendaraan serta biaya pengeluaran yang dibutuhkan untuk keperluan servis kendaraan tersebut.