Tips Berkendara Cerdas di Musim Hujan

//Tips Berkendara Cerdas di Musim Hujan
By | 2017-09-05T04:49:37+00:00 December 6th, 2016|Knowledge-base|0 Comments
berkendara aman di musim hujan

berkendara aman di musim hujan

Memasuki musim hujan yang diprediksi akan berlangsung sampai awal tahun, membuat beberapa daerah tergenang air bahkan mengalami banjir. Sudah saatnya para pengemudi agar lebih berhati-hati saat melewati jalan yang diguyur hujan.

Kondisi yang akan dihadapi pengemudi saat kali hujan terjadi seperti berkurangnya visibilitas, jalanan licin, genangan air, dan rintangan lain yang ditemui seperti pohon tumbang merupakan hal yang wajib diwaspadai.

Agar siap mengahadapi kondisi jalanan di musim hujan, berikut saran-saran yang dapat bermanfaat bagi para pengemudi:

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Pastikan kondisi mobil dalam keadaan yang prima untuk menghindari masalah di jalan. Cek kondisi rem, lampu, serta wiper apakah kondisinya masih baik atau tidak. Jika ada bagian dari mobil yang tidak berfungsi dengan baik maka segeralah melakukan perbaikan atau mengganti komponen yang rusak tersebut.

  1. Jaga Jarak Aman

Mengemudilah secara halus dan hindari pengereman mendadak yang dapat membahayakan cengkeraman kendaraan. Menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan Anda juga perlu dilakukan untuk menghindari semprotan air yang dapat membuat kaca depan kotor.

  1. Cek Kondisi Ban

Hal yang perlu diperhatikan pada bagian ban mobil Anda adalah tekanan serta alur ban. Tekanan yang terlalu keras akan mengurangi daya cengkeram terhadap permukaan jalan. Sebaliknya, jika tekanan ban mobil kurang akan menyebabkan mobil lebih mudah selip di jalanan basah.

  1. Waspada di Jalanan Banjir

Usahakan untuk menghindari jalan yang sudah tergenang banjir lebih dari setengah diameter ban mobil. Jika harus melalui jalan yang tergenang, arahkan kendaraan Anda ke bagian tertinggi jalan. Gunakan gigi rendah -pertama atau ā€œDā€ pada transmisi matik. Apabila mobil mogok saat melalui banjir, segera matikan mesin lalu cabut aki dan dorong mobil ke tempat yang aman.

  1. Terlindungi Oleh Asuransi

Pastikan mobil Anda sudah terlindungi oleh Asuransi kendaraan dengan perluasan jaminan untuk risiko badai, banjir, tsunami, gempa bumi, dan tanah longsor. Jadi jangan lupa cek polis Asuransi Anda apakah sudah mencakup perluasan jaminan tersebut. Apabila kendaraan Anda belum terlindungi oleh Asuransi kendaraan maka segeralah mencari informasi lengkapnya atau bisa melakukan simulasi premi Garda Oto terlebih dulu.