Tips Menjaga Tampilan Setir Mobil Tetap Bersih

//Tips Menjaga Tampilan Setir Mobil Tetap Bersih
By | 2016-12-08T09:40:47+00:00 December 8th, 2016|Knowledge-base|0 Comments

Mobil-mobil saat ini tidak sedikit yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur pada setir kemudi. Karena letaknya persis di depan pengemudi, kondisi setir mobil harus selalu dalam keadaan yang bersih agar indah dipandang dan menambah kenyamanan ketika sedang berkendara.

Karena sering mendapat sentuhan, setir mobil jadi lebih mudah kotor. Kalau sudah kotor, tentu saja ini akan mengurangi kenyamanan pengemudi dalam memegang setir mobil. Maka dari itu, setir mobil perlu dibersihkan.

Sebelum membersihkan setir mobil, harus diketahui dahulu bahan material yang digunakan untuk lingkar setir. Bahan setir mobil terdapat 2 jenis, yakni berbahan vynil dan berbahan kulit. Tiap jenis bahan setir memiliki cara peratwan yang berbeda. Berikut cara perawatan sesuai dengan jenis bahan setir:

 

  1. Setir Dengan Balutan Bahan Plastik atau Vinyl

Cairan pembersih plastik atau vinyl sangat mudah sekali didapatkan di toko ataupun supermarker terdekat. Bisa juga menggunakan air hangat yang dicampur dengan shampoo apa saja. Usahakan komposisi cairannya tidak terlalu kental. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer dan siapkan juga sikat gigi, kain lap bersih dan kain microfibre.

Langkah-langkah membersihkannya adalah seabagai berikut:

– Semprotkan cairan pembersih secara merata di permukaan plastik pembungkus setir kemudi, lalu diamkan beberapa menit.

– Kemudian gosok dengan kain lap bersih. Bersihkan kotoran yang menempel di atas permukaan roda kemudi dengan gosokan yang lembut sehingga tidak merusak bahan plastik

– Jika masih ada kotoran yang sulit dibersihkan, semprotkan sekali lagi dengan cairan pembersih. Gunakanlah sikat gigi untuk mengangkat kotoran tersebut. Setelah itu, keringkan dengan kain bersih yang halus atau kain microfibre.

  1. Setir Dengan Balutan Bahan Kulit

Gunakan pembersih khusus bahan kulit di toko ataupun supermarket terdekat .Dapat pula menggunakan air hangat yang dicampur dengan shampoo apa saja. Kemudian isi cairan pembersih tersebut ke dalam botol sprayer dan siapkan juga sikat gigi, kain lap bersih dan kain berserat halus.

Langkah-langkah membersihkannya adalah seabagai berikut:

– Hilangkan debu yang biasanya menempel pada kemudi berbahan kulit dengan menggunakan kuas atau kain lap kering.

– Semprotkan pembersih ke seluruh permukaan roda kemudi secara merata dan biarkan beberapa saat sampai meresap ke bahan kulit tersebut.

– Gosok lembut dengan sikat gigi terutama pada bagian-bagian roda yang ada noda membandelnya.

– Bersihkan dengan kain lap bersih dan kering

– Perlu diingat untuk membersihkan pada bagian tengah kemudi terutama pada tombol-tombol fungsional yang ada pada mobil-mobil masa kini. Bersihkan dengan menggunakan kain lap basah yang sudah diperas kering.

– Langkah pamungkas, gunakanlah bahan conditioner ke semua permukaan berbahan kulit yang ada di roda kemudi. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban bahan tersebut.

Meskipun letaknya berada di dalam kabin, setir mobil bisa mengalami kerusakan sehingga butuh perawatan dari si pemilik mobil. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk menjaga tampilan setir mobil Anda.

Sumber : indoneka.com, apritos.com