10 Tips Mengatur Keuangan Untuk Kredit Mobil Impian

//10 Tips Mengatur Keuangan Untuk Kredit Mobil Impian
By | 2017-09-05T04:51:45+00:00 March 15th, 2016|Tips-article|0 Comments
10 Tips Mengatur Keuangan Untuk Kredit Mobil Impian

10 Tips Mengatur Keuangan Untuk Kredit Mobil Impian

Beli mobil dengan cara tunai memanglah dapat menghemat pengeluaran kamu lantaran tidak dibebankan dengan bunga cicilan kredit. Walau demikian, beli mobil impian dengan kredit kendaraan atau kredit mobil mungkin saja pilihan untuk kamu yang mau mempunyai mobil namun juga tetap membutuhkan dana untuk kepentingan lain.

Berikut sebagian panduan yang dapat menolong kamu mengajukan kredit mobil, sekaligus melindungi supaya keuangan tak jebol, salah satunya :

1. Tentukan mobil yang tepat

Pastikan mobil yang seusuai dengan keperluan dan keadaan keuangan. Janganlah menentukan mobil cuma lantaran gengsi atau mau style saja. Bisa-bisa, lantaran harga nya yang mahal , kamu jadi keteteran saat membayar cicilan kreditnya.

2. Survey harga mobil

Sesudah memastikan type atau jenis mobil yang mau dibeli, tahap selanjutnya dalah mencari tahu berapakah harga yang di tawarkan di market. Kamu dapat tahu info itu dengan mendatangi segera dealer-dealer mobil, atau lewat situs resmi dealer atau perusahaan multifinance.

3. Tentukan sumber pembiayaan yang tepat

Di Indonesia sendiri, ada dua sumber pembiayaan atau kredit mobil yang dapat digunakan, yaitu bank serta perusahaan pembiayaan atau multifinance. Masing-masing pastinya mempunyai keunggulan serta kekurangan.

4. Siapkan DP serta cost lainnya

Waktu ini pemerintah mengambil keputusan besaran uang muka untuk kredit kendaraan roda empat yaitu minimum sebesar 30% dari harga mobil. Pikirkan untuk membayar uang muka melebihi batas minimum ini, hingga cicilan dapat lebih mudah serta lebih cepat lunas. Dengan demikian, arus keuangan tak terganggu lantaran besaran cicilan itu.

5. Jauhi uang muka dari pinjaman

Baiknya jauhi membayar uang muka kredit kendaraan lewat cara meminjam, terbaik dari kerabat atau instansi keuangan. Apabila hal ini dilakukan,akan menyulitkan keuangan, karena kamu jadi mempunyai dua keharusan atau dua cicilan kredit.

6. Tenor tak melebihi usia ekonomis mobil

Besaran cicilan kredit juga ditetapkan oleh bunga dan tenor atau periode waktu kredit yang kamu tentukan. Pastikan tenor yang di tentukan tak melebihi usia atau saat ekonomis mobil itu.
Umumnya, saat mobil masuk usia lima tahun, persiapkan cadangan dana untuk maintenance kendaraan. Hal ini membuat  pengeluaranmu menjadi 2 kali lipat, yaitu untuk cicilan mobil ditambah cost maintenance kendaraan.

7. Tentukan suku bunga terbaik

Biasanya ada dua type suku bunga kredit yang dipakai pada kredit kendaraan, yaitu :

  • suku bunga terus (fixed rate)
  • suku bunga mengambang (floating rate).

Tekuni serta pahamilah ke-2 type suku bunga ini lalu pastikan yang sekiranya paling baik untuk keuanganmu.

8. Siapkan dana cadangan

Upayakan untuk terus menyisihkan beberapa dari pendapatan untuk tabungan spesial, diluar pengeluaran untuk cicilan. Ini untuk hadapi berlangsung resiko kesusahan keuangan.

9. Persyaratan yang mudah

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah persyaratan. Baik lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan pasti mensyaratkan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk, slip gaji, dan rekening tabungan. Namun, beberapa lembaga peminjam lainnya mungkin mensyaratkan dokumen lain seperti rekening listrik atau telepon, atau Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dalam mengajukan cicilan mobil, ada beberapa lembaga peminjam yang memberikan kemudahan serta kecepatan dalam pelayanannya. Itu bertujuan agar kamu tidak lagi disibukkan dengan kelengkapan dokumen lainnya. Pastikan semua persyaratan tersebut lengkap.

10. Pilih Asuransi yang tepat

Pilih sumber pembiayan (bank /leasing) yang bekerja sama dengan perusahaan Asuransi yang tepat.Cari informasi mengenai cara prosedur klaim yang mudah di Asuransi tersebut. Garda Oto memberikan kemudahan untuk pelanggan dalam saat proses pengajuan klaim, dengan menghadirkan aplikasi mobile Otocare dan juga Garda Center .

Semoga langkah-langkah diatas, bisa membuat kamu dapat memiliki mobil impian sesuai dengan kondisi keuangan yang ada.

Sumber : teknovanza.com, kreditgogo.com