4 Cara Kenali Asuransi Kendaraan Menjelang Musim Hujan

//4 Cara Kenali Asuransi Kendaraan Menjelang Musim Hujan
By | 2017-09-05T04:52:06+00:00 January 5th, 2016|Tips-article|0 Comments
Cara Kenali Asuransi Kendaraan Menjelang Musim Hujan

Cara Kenali Asuransi Kendaraan Menjelang Musim Hujan

Banjir dan mogok, sudah punya asuransi kendaraan belum?

Musim hujan di Indonesia memang rawan sekali terjadi banjir. Hal ini selalu menimbulkan rasa was-was untuk  yang beraktifitas dengan kendaraan pribadi. Seberapa jauh persiapan kalian untuk berkendara di musim hujan? maksudnya di sini bukan hanya soal berkendara dengan aman dan hati-hati ya, tapi juga asuransi. Jadi, jaminan berupa asuransi kendaraan sangat lah penting, terutama ketika tuntutan aktivitas sehari-harimu mengharuskan untuk sering mengakses daerah rawan banjir.

Jadi, untuk  yang tinggal di Ibukota Jakarta, pasti sudah tidak asing dengan macet dan banjir setiap musim hujan, tapi sudahkah kendaraan kamu terproteksi ? Ada baiknya agar tidak salah langkah, mulailah perhatikan detail asuransi kendaraan dengan seksama. Berikut ini ada 4 cara mempelajari asuransi kendaraan supaya tidak  salah pilih.

Penasaran apa aja? Check this out!

1.       KETAHUI LEBIH DAHULU JENIS ASURANSI KAMU

Biasanya, ada 2 jenis pertanggungan yang berlaku, yakni Total Loss Only  (mobil hilang atau kerusakan lebih dari 75%) atau Comprehensive (semua jenis kerugian, meskipun ada beberapa kasus pengecualian)

2.      TELITI DALAM MEMILIH KARENA BEBERAPA ASURANSI TIDAK MENJAMIN KERUSAKAN SAAT BANJIR

Hal ini memang sangat disayangkan, sebagian asuransi tidak masuk dalam perluasan jaminan mereka. Saat hujan, salah satu alasan klaim yang sering dijadikan ialah rusak karena banjir. Kalau begitu,kita bisa membeli asuransi tambahan dengan menghubungi pihak asuransi.

3.      MENGECEK APA SAJA YANG DITOLAK DAN BISA DIKLAIM

Meskipun kendaraan sudah masuk dalam jaminan, bukan jaminan klaim kendaraanmu bisa diberikan dengan mudah begitu saja. Dalam beberapa kasus, ada juga klaim yang gugur dan ditolak oleh pihak asuransi. Misal, kendaraan yang rusak akibat dipaksakan menerobos banjir.

4.      MENGETAHUI SECARA AKTIF TENTANG LAYANAN ASURANSI KENDARAAN

ketika mengurus polis kendaraan, biasanya akan diberikan info tentang PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia). Di sana, terdapat banyak basic info mengenai jaminan kendaraan.

serta beberapa panduan mengenai apa yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi saat memasuki musim hujan. ketika mobil terjebak banjir dan tiba–tiba mogok, tentunya dapat menjadi pengalaman yang menyebalkan saat berkemudi. Terlebih lagi saat mengetahui ternyata asuransi pilihanmu tidak dapat membantu saat berkendara di musim hujan. Selain harus lebih waspada saat melintasi genangan air yang cukup tinggi dan menerapkan gaya mengemudi yang  ekstra hati–hati, asuransi sangat penting. Sayang kan kalau mobil mahal tapi harus terendam  banjir?

Untuk yang belum tahu harus memilih asuransi yang baik bagi kendaraan kalian.Ini lah berbagai layanan Garda Oto yang dapat kalian nikmati Antara lain: klaim mudah, garansi hasil kerja bengkel, garansi suku cadang asli,no claim bonus, Garda Center dan Garda akses 24 jam serta layanan Garda siaga yang siap 24 jam. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. So, harus rajin cari tau, ya!

Sumber : Astaga.com dan beberapa sumber lain.