4 Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Lampu Hazard

//4 Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Lampu Hazard
By | 2017-09-05T04:51:48+00:00 March 3rd, 2016|Tips-article|0 Comments
4 Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Lampu Hazard

4 Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Lampu Hazard

Hazard lamp (lampu darurat) atau biasa dikenal dengan lampu hazard adalah lampu yang berfungsi sebagai peringatan atau penanda keadaan darurat yang dialami oleh pengemudi kendaraan tersebut. Ketika tombol dengan simbol segitiga merah di tekan, maka lampu hazard akan hidup bersamaan.

Perihal mengenai regulasi lampu hazard tercantum dalam UU No.22 tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1 yang mengatakan, “Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya (lampu hazard), atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan”.

Berikut 4 Waktu yang Tepat untuk menggunakan Lampu Hazard :

  1. Kendaraan mengalami malfungsi yang menyebabkan kendaraan berjalan lebih lambat atau berhenti (mogok).
  2. Memberitahu dan memberi peringatan untuk kendaraan yang di belakangnya kalau di depan ada gangguan, seperti kecelakaan lalu lintas, tanah longsor, dll.
  3. Terjadi sesuatu pada kendaraan yang ditumpangi, seperti ban bocor yang mengharuskan kendaraan segera menepi.
  4. Kendaraan berjalan di luar jalur yang seharusnya dilalui.

Di luar negeri, menyalakan lampu hazard saat mobil bergerak terlebih ketika hujan merupakan pelanggaran berat atas aturan lalu lintas darat. Namun di Indonesia, penggunaan lampu hazard masih disalahgunakan dan penerapan sanksi atas pelanggarannya pun belum terlalu maksimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya edukasi atau kampanye tentang bahaya penyalahgunaan hazard ini.

Untuk menunjukkan keberadaan mobil Anda agar terlihat pengendara lain saat kondisi hujan deras, ada baiknya Anda menyalakan lampu utama atau lampu kabut berwarna kuning. Jika mobil Anda dilengkapi daytime running lights, hidupkanlah agar kendaraan di belakang dapat melihat Anda dengan baik.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, diharapkan pengemudi tidak lagi mengikuti kebiasaan lumrah namun salah dalam penggunaan lampu hazard di jalan raya. Jadikan keselamatan sebagai prioritas Anda selama berkendara.

Sumber: edwardsragatz.com dan berbagai sumber lainnya.