4 Kiat Menjaga Kesehatan Setelah Lebaran Usai

//4 Kiat Menjaga Kesehatan Setelah Lebaran Usai
By | 2017-09-05T04:50:37+00:00 July 16th, 2016|Tips-article|0 Comments

Kiat Menjaga Kesehatan Setelah Lebaran Usai

Saat lebaran atau hari raya tiba, segala macam makanan enak nan lezat pasti tersedia, baik di rumah maupun tempat yang dikunjungi untuk silaturahmi. Kita disuguhkan dengan berbagai makanan yang enak yang tentunya banyak mengandung santan dan lemak. Makanan seperti ini tentu kita tahu tidak sehat bagi tubuh kita karena akan memicu berbagai penyakit. Janganlah momen lebaran dijadikan  alasan untuk menyantap sembarangan makanan tanpa memperhatikan nutrisinya.

Pertanyaannya adalah bagaimana mempertahankan kondisi kesehatan yang membaik sesaat di kala Ramadhan untuk tetap demikian setelah Ramadhan usai. Tantangan yang terberat adalah berbagai penyakit kronik tersebut cenderung kambuh setelah lebaran, akibat mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, manis dan asin.

Untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu berbagai penyakit seperti kolesterol tinggi dan lainnya maka kita perlu mengatur pola makan. Berikut ini tips tetap sehat setelah lebaran.

  1. Makan dengan porsi normal

Jangan makan dengan porsi yang terlalu besar atau balas dendam setelah satu bulan berpuasa. Usahakan makan dengan porsi yang sedang saja, seperti porsi setiap hari kita biasa makan.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Hampir semua buah dan sayur efektif membantu menyerap gula dan lemak jahat yang menumpuk sehingga memperlancar sistem pencernaan. Makan apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih dapat mencegah nafsu makan yang berlebihan saat melihat hidangan hari raya yang tersedia.

  1. Batasi makanan manis, bersantan, berlemak dan berkolesterol tinggi

Konsumsi makanan dengan komposisi asupan seimbang, yaitu makanan berkarbohidrat 55-65%, lemak 30% dan protein 10-20% dari jumalh asupan kalori total. Kurangi makanan yang mengandung gula, minyak dan garam.

  1. Banyak minum air putih

Air putih memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan minuman lain yang beraroma yang mudah ditemukan saat lebaran. Minum air putih berguna untuk menjaga kesehatan dengan cara menyediakan cairan tubuh untuk aktivitas tinggi yang anda jalani. Hindari minum softdrink, punch dan sirup. Jika dikonsumsi terlalu banyak dapat berdampak buruk pada kondisi pencernaan dan pastinya memicu timbulnya berbagai penyakit.

Saat ini, sudah ada aplikasi mobile yang dapat membantu Anda untuk menjaga kondisi badan tetap sehat seperti Garda Mobile Medcare. Dalam fitur Daily Activity, pengguna dapat mengatur target untuk beberapa hal seperti banyaknya makanan, air putih, kopi, dan teh yang ingin dikonsumsi dalam satu hari dan banyaknya jam tidur yang ingin dicapai dalam satu hari. Selain itu, pengguna juga dapat mengukur Body Mass Index dengan memasukkan ukuran tinggi dan berat badan untuk mengetahui ideal atau tidaknya tubuh pengguna.

Aplikasi Garda Mobile Medcare ini bisa Anda unduh melalui Google Play untuk platform Android dan Apple App Store untuk platform iOS. https://www.happyone.id/service/garda-mobile/medcare

Sumber: hellodoctor.com, jendelacito.com