5 Tips Cegah Ngantuk Saat Berkendara di Bulan Puasa

//5 Tips Cegah Ngantuk Saat Berkendara di Bulan Puasa
By | 2017-09-05T04:50:58+00:00 June 23rd, 2016|Tips-article|0 Comments

tips cegah ngantuk saat berkendara 2Bulan Ramadhan atau bulan buasa adalah bulan yang paling di tunggu-tunggu oleh umat muslim sedunia. Namun pada bulan puasa ini, pola makan seseorang akan berubah dari hari-hari yang biasanya. Sering kali tubuh menjadi lemas atau ngantuk berat karena kondisi tubuh yang tak mendapatkan asupan selama kurang lebih 14 jam.

Meski mengantuk saat berpuasa adalah hal yang biasa dan lumrah, namun jika ini dibiarkan tanpa adanya tindakan tentu akan mengganggu dan menurunkan kualitas kinerja dan aktivitas kita sehari-hari.. Terlebih jika mengantuk saat berkendara, tentunya hal ini sangat membahayakan, selain berbahaya untuk dirinya sendiri juga berbahaya untuk orang lain.

Berikut beberapa tips  mencegah rasa ngantuk saat berkendara karena puasa :

  1. Hindari makan berat saat sahur

Cara pertama untuk menghindari ngantuk di bulan puasa yaitu dengan cara menghindari makanan berat saat sahur. Makanan berat yang kaya akan karbohidrat akan membuat tubuh bekerja lebih untuk memproses zat tersebut, akibatnya tubuh akan menjadi lelah dan gampang ngantuk.

  1. Berwudhu sebelum berkendara

Langkah selanjutnya terhindar dari rasa ngantuk yaitu anda berwudhu terlebih dahulu sebelum anda memacu kendaraan anda. Selain membuat anda menjadi segar, berwudhu juga merupakan ibadah. Jadi berwudhulah sebelum memacu kendaraan anda.

  1. Membuat jadwal tidur agar badan cukup istirahat

Di bulan puasa, tidak hanya pola makan saja yang berubah, namun jadwal tidur juga mengalami perubahan pada bulan puasa. Banyak orang yang kurang tidur di bulan puasa, salah satu penyebabnya adalah karena diharuskan bangun sangat pagi untuk sahur. Akibatnya orang sering kali merasa ngantuk di siang harinya. Untuk mengatasi hal ini anda harus mulai kembali membuat jadwal sitirahat anda agar kebutuhan istirahat terpenuhi.

  1. Manfaatkan jam istirahat untuk memejamkan mata

Disela-sela kesibukan anda, anda bisa memanfaatkan jam istirahat anda untuk memejamkan mata. Hari biasa yang biasanya anda gunakan untuk makan siang, pada bulan puasa anda ganti dengan memejamkan mata. Walauun hanya beberapa menit saja, namun hal itu dapat membuat mata kembali segar dan anda terhindar dari rasa ngantuk saat pulang dari kerja nanti.

  1. Perbanyak minum air putih.

Minum sedikitnya delapan gelas air putih selama jeda buka puasa hingga sahur cukup untuk membantu mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, sehingga tubuh tetap segar selama menjalankan ibadah puasa.

Demikianlah beberapa tips cegah rasa ngantuk saat berkendara di bulan puasa. Puasa bukan menjadi alasan anda untuk bermalas-malasan, meskipun berpuasa tubuh harus tetap segar menjalankan berbagai aktivitas. Semoga tips diatas bermanfaat bagi kita yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Sumber : beritatrendz.com & http://kabarimbo.com/