5 Tips Merawat Mika Lampu Mobil

//5 Tips Merawat Mika Lampu Mobil
By | 2017-09-05T04:52:09+00:00 December 17th, 2015|Tips-article|0 Comments

5 Tips Merawat Mika Lampu Mobil

Mengetahui cara merawat mika lampu dan melakukan perawatan secara rutin dan berkala akan memberikan ketahanan dan keawetan mika lampu, baik dari sisi kebeningan kaca hingga kehalusan permukaan mika lampu. Hal ini tentu akan berdampak pada pencahayaan lampu mobil anda.

Mika lampu pada mobil yang sudah berusia lima tahun keatas kerap terlihat berwarna buram dan tidak bening. Menguningnya mika lampu ini lebih disebabkan karena kurangnya perawatan dan membiarkan mika lampu terpapar sinar matahari terlalu lama dalam jangka waktu lama. Untuk membuat mika lampu awet dan tidak cepat menguning dibutuhkan beberapa perawatan yang benar secara rutin dan berkala.

Berikut tips cara merawat mika lampu kendaraan agar tetap awet dan terjaga kebeningannya :

1. Parkir di tempat yang teduh

Sinar UV yang berasal dari matahari dapat memberikan dampak mika lampu menjadi menguning lebih cepat akibat panas yang berasal dari sinar UV. Sebaiknya hindari parkir ditempat panas atau gunakan pelindung lampu ketika mobil anda terpaksa harus parkir ditempat panas.

2. Gunakan cairan anti sinar UV atau Wax

Cairan anti sinar UV ini bisa anda dapatkan di toko sparepart mobil terdekat,karena banyak di jual umum di pasaran. Cairan ini dapat di gunakan sebagai pelindung mika lampu mobil agar awet bening.

3. Gunakan Bohlam Lampu sesuai spesifikasi

Di setiap lampu mobil tertulis spesifikasi lampu standart Pabrik, apabila anda mengganti dengan lampu yang watt nya lebih besar dapat mengakibatkan mika lampu menjadi cepat menguning atau buram karena panas yang di timbulkan melebihi dari kapasitasy ang di buat untuk mika lampu tersebut. Maka gunakanlah bohlam lampu yang sesuai standard mobil tersebut. Apabila ingin mengganti bohlam, gunakanlah lampu yang Watt nya lebih kecil tetapi memiliki hasil cahaya yang lebih terang.

4. Cucilah mika lampu setelah kena hujan

Air hujan dan kotoran dapat membuat mika lampu mobil anda mengalami goresan yang dapat membuat kotoran tersebut masuk ke dalam mika lampu sehingga mika lampu menjadi buram. Sebaiknya segera cuci lampu menggunakan air bersih ketika mobil anda baru saja terguyur hujan Jangan lupa gunakan lap yang lembut saat mengeringkan permukaan mika lampu mobil anda untuk mencegah terjadinya goresan pada mika mobil anda.

5. Gunakan cairan khusus

Setelah anda mengikuti beberapa Tips diatas, namun mika lampu sudah terlanjur buram dan menguning, dapat menggunakan cairan/obat  khusus untuk  bahan mika ataupun plastik dan di bantu menggunakan amplas halus.

Sumber: tokohid.com, superpolispremium.com dan beberapa sumber lain nya.