7 Aplikasi Yang Wajib Ada di Smartphone Saat Musim Banjir Tiba

//7 Aplikasi Yang Wajib Ada di Smartphone Saat Musim Banjir Tiba
By | 2017-09-05T04:52:00+00:00 February 2nd, 2016|Tips-article|0 Comments
Aplikasi Saat Musim Hujan Tiba

Aplikasi Yang Wajib Ada di Smartphone Saat Musim Hujan Tiba

Banjir datang melanda? Apalagi jika genangan air sampai merendam tempat tinggal atau jalan yang biasa dilalui untuk menuju tempat mencari nafkah. Akibatnya, seluruh aktivitas pun terganggu.

Banjir jadi musuh utama warga yang tinggal di Jakarta, maupun warga di kota-kota sekitar yang berangkat ke Jakarta untuk bekerja, baik dengan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi umum. Ada banyak masalah klasik yang selalu dihadapi pengguna kendaraan pribadi saat banjir datang. Dari macet karena ruas jalan yang terendam air, hingga mesin yang mogok karena terendam air.

Masalah juga dialami penduduk yang rumahnya terendam air, dari kurangnya bantuan pangan, hingga gelap gulita lantaran sambungan listrik yang diputus PLN. Dalam kondisi seperti itu, sebenarnya ada beberapa aplikasi smartphone yang bisa membantu, atau paling tidak sedikit meringankan kesulitan saat banjir. Apalagi, dewasa ini, jumlah pengguna smartphone semakin banyak, dan aplikasi semacam itu bisa didapatkan dengan mudah, hanya cukup mengunduhnya dari Google Play atau App Store. Berikut ini beberapa diantaranya.

1.    Waze

Waze dapat sangat membantu saat banjir terjadi. Berkat fitur “Reporting” yang ada pada aplikasi ini, pengguna bisa mendapat informasi penting dari pengguna Waze lain seperti lokasi genangan air, antrian kendaraan, kecelakaan, maupun pom bensin terdekat. Belum lagi fitur GPS-nya yang bisa menunjukkan alternatif rute jika terjadi kemacetan. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play, App Store, dan App World Blackberry.

2.   Telepon Darurat

Aplikasi ini berisi kumpulan nomor telepon penting yang sangat berguna dalam keadaan darurat, baik jika Anda sedang di jalan maupun jika sedang terjebak dalam banjir. Beberapa nomor telepon yang ada di dalam aplikasi ini antara lain nomor darurat polisi, ambulans, pemadam kebakaran, restoran cepat saji, dan banyak lainnya. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play untuk para pengguna smartphone Android.

3.   Siaga Banjir

Aplikasi yang satu ini bisa berguna untuk memantau ketinggian sejumlah pintu air yang ada di Kota Jakarta. Saat musim hujan tiba, ketinggian pada masing-masing pintu air akan mengalami perubahan yang tak menentu dan bisa menjadi bahaya seiring dengan cuaca yang semakin buruk. Ada 12 pintu air yang dipantau secara real time oleh aplikasi ini (pintu air Katulampa, Pesanggrahan, Angke Hulu, Cipinang Hulu, Angker Hulu, Depok, Manggarai, Karet, Waduk Pluit, Pasar Ikan, Pulo Gadung, dan Krukut Hulu. Pengguna akan mendapat notifikasi jika ada potensi banjir di wilayah tertentu.

4.   Twitter

Twitter jadi aplikasi media sosial yang sangat penting saat banjir terjadi. Pengguna dapat mem-follow sejumlah akun resmi Twitter instansi yang memberikan informasi terkini soal banjir. Beberapa akun yang bisa di-follow antara lain: akun TMC Polda Metro Jaya, BPBD Jakarta, Radio Elshinta, InfoLaluLintas.com, dan banyak lainnya. 

5.   Super-Bright LED

Mati lampu saat banjir tentu akan sangat menyulitkan aktivitas Anda. Apalagi, jika tak ada kejelasan kapan aliran listrik akan kembali normal. Solusinya, Anda bisa memakai lilin, senter, ataupun alat penerangan bantuan lainnya. Namun, bagaimana jadinya jika semua alat itu tidak ada? Tidak perlu khawatir, karena smartphone Anda, khususnya yang memiliki fasilitas lampu LED flash kamera, bisa jadi senter sementara. Cukup unduh aplikasi senter Super Bright LED atau aplikasi serupa lainnya dan lampu LED smartphone Anda bisa difungsikan sebagai senter.

6.   WhatsApp dan BBM

Fitur telepon dalam smartphone Anda sangat penting di kala banjir. Anda bisa memakainya untuk menelepon kerabat atau instansi yang bisa membantu saat pertolongan dibutuhkan. Tak punya pulsa telepon, dan hanya ada paket data saja? Tidak perlu khawatir, karena aplikasi WhatsApp dan BlackBerry Messenger (BBM) bisa dimanfaatkan sebagai fasilitas komunikasi alternatif.

7.    Otocare 

Otocare adalah aplikasi yang membantu Anda untuk merawat kendaraan dan memberikan “Peace Of Mind” saat berkendara di jalan saat musim hujan.  Terdapat banyak fitur yang sangat membantu, misalnya terdapat fitur “Near Me” yang tentunya dapat memudahkan anda saat mencari tempat tempat darurat atau evakuasi ketika musim penghujan tiba , seperti Rumah Sakit, Apotik, Bengkel hingga Pom Bensin. Dan bagi anda pelanggan Garda Oto, terdapat pula fitur “Claim” yang memudahkan anda dalam mengajukan pelaporan klaim. Otocare saat ini juga memberikan tips tips bermanfaat seputar banjir dalam fitur knowledge. Otocare dapat anda unduh melalui Playstore dan Applestore.

Jadi, tunggu apalagi segera unduh aplikasi bermanfaat diatas, mejelang musim penghujan ini.

Sumber: Suara.com dan berbagai sumber