JENIS & TIPS PERAWATAN REM TANGAN

//JENIS & TIPS PERAWATAN REM TANGAN
By | 2017-09-05T04:49:48+00:00 November 1st, 2016|Tips-article|0 Comments
Tips-perawatan-rem-tangan

Tips-perawatan-rem-tangan

Selain rem biasa yang digunakan oleh kaki, ada satu rem lagi yang bisa digunakan pada mobil anda, yaitu rem tangan. Ternyata tidak semua rem tangan menggunakan tangan. Jika rem biasa digunakan untuk menghentikan laju mobil saat di perjalanan, maka rem tangan biasanya digunakan untuk menjaga mobil diam di tempat saat mobil parkir selama beberapa jam. Tidak aneh jika rem tangan ini disebut juga sebagai rem parkir.

Kegunaan lain dari rem tangan adalah sebagai rem darurat. Jadi, bila rem mobil blong, anda tidak perlu panik. Tarik nafas dan gunakanlah rem tangan. Anda pasti pernah menghadapi jalanan macet total dan kaki sudah terlalu lelah menginjak pedal rem. Rem tangan bisa dimanfaatkan pada kondisi tersebut terutama bila terjadi kemacetan di jalanan menanjak.

Berikut ini ada jenis-jenis rem tangan & penggunaannya

  1. Stik

Pada zaman dahulu kala, ketika mobil manual merajai jalanan dan hanya ada segelintir mobil matic, seluruh rem tangan memiliki desain dasar serupa berupa stik. Penempatannya pun sama, di tengah di antara  dua kursi paling depan. Untuk menggunakan jenis ini, cukup tarik ke atas maka mobil akan diam selama parkir.

  1. Pedal

Desain ini tergolong baru dan digunakan pada beberapa mobil saja. Untuk mengaktifkannya, injak pedal yang tersedia di dekat kaki. Model ini userfriendly karena memberi tangan kebebasan untuk memegang kendali setir. Namun harap diingat, rem tangan yang diinjak fungsinya sama persis dengan rem tangan tongkat. Jadi, tetap gunakan pedal rem tangan sebagaimana rem tangan pada umumnya.

 

Perawatan Rem Tangan

Ada kesamaan pada rem tangan dengan rem biasa, yaitu sama-sama penting membutuhkan perawatan. Karena itu, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Apapun Bentuknya, Fungsinya Sama

Perlakukan rem tangan sebagaimana mestinya, yaitu hanya untuk parkir seharian, jalanan macet menanjak, dan rem darurat bila rem biasa blong.

  1.  Membersihkan dengan Rutin

Bersihkan kotoran di rem tangan, seperti debu dan kerak pada cakram setiap 1000 s/d 2000 km untuk penggunaan normal. Bila tidak yakin Anda mampu membersihkannya, segera bawa ke bengkel resmi mobil anda.

  1. Batasan Parkir

Selain biaya parkir yang mahal, parkir terlalu lama tidak disarankan. Parkir berhari-hari sambil mengaktifkan rem tangan dapat merusak disc brake, terutama bila mobil melewati genangan air atau parkir di daerah berkelembapan tinggi. Rem tangan maksimal digunakan selama satu hari. Jika lebih dari satu hari, sebaiknya mobil diganjal dengan kayu.

Apapun jenis rem tangannya tetap gunakan sesuai jenisnya dan tentunya diberikan perawatan maksimal, karena rem tangan adalah komponen penting yang membantu menjaga keselamatan Anda selama mengendarai mobil.

 

Sumber: Nissan.co.id, mobilku.org